Pelita Hati: 31.01.2021 – Yesus Andalanku

0
986 views

Bacaan: Ulangan 18:15-20, 1 Korintus 7:32-35, Markus 1:21-28

Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. (Mrk 1:21b-26)

Sahabat pelita hati,

ADA satu perbedaan menyolok dari cara mengajar Yesus bila dibandingkan para rabi (guru) waktu itu yaitu Tuhan mengajar dengan penuh kuasa. Ia tidak hanya mengajar dengan kata-kata tetapi dengan tindakan nyata. Ia tidak hanya bersabda tetapi juga berkarya. Warta pengajaran-Nya disempurnakan dengan karya mujizat, baik menyembuhkan orang sakit maupun mengusir setan dan kuasa roh jahat. Ia tidak hanya dikenal dan dicari orang-orang banyak tetapi roh-roh jahat pun sungguh mengenal-Nya. Wibawa dan kuasa-Nya juga diakui oleh roh-roh jahat dan setan yang mengganggu manusia.

Sahabat terkasih, 

Dari pelita sabda ini kita bisa menemukan beberapa pesan keutamaan, yaitu:

Pertama, kiprah dan karya-Nya menimbulkan rasa takjub dan decak kagum banyak orang. Kita pun sudah sepantasnya harus selalu mengagumi atas karya-karya-Nya yang luar biasa. Selalu berdoa dan memuliakan-Nya adalah sikap hati yang hendaknya kita bangun setiap saat. Tidak ada alasan untuk khawatir apalagi takut karena Ia sungguh pembela dan penjaga yang penuh kuasa.

Kedua, sebagai pengikut-Nya, kita seharusnya makin setia dan percaya kepada-Nya. Karya mujizat-Nya tidak hanya terjadi pada zaman dulu tetapi juga di saat ini. Yesus andalanku.

Ke Gereja membawa buku,
buku doa dan pujian harianku
Ya Yesus, Engkaulah Andalanku,
Ya Yesus, Engkaulah kekuatanku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here