Mazmur Tanggapan Edisi 2021: Sosialisasi dan Umat di Papua Barat Mau Belajar Bersama

0
1,092 views
Sosialisasi Mazmur Tanggapan dan latihan bersama. (Riwi Nugroho)

MERESPON Surat dari Komisi Liturgi KWI Nomor 016/Komlit KWI/VII/2020 tetang penggunaan Mazmur Tanggapan Edisi Baru Tahun 2021, maka Tim Liturgi Paroki Imanuel Sanggeng Manokwari, Keuskupan Makonwari-Sorong di Papua Barat pada hari Jumat 12 Februari 2021 mengadakan kegiatan sosialisasi dan belajar bersama atas bahan tentang Mazmur Tanggapan Edisi 2021.

Kegiatan di Ballroom Hotel Oriestom Bay, Jl. Trikora Taman Ria – Rendani – Manokwari ini diikuti oleh perwakilan dari paroki-paroki yang ada di Tim Pastoral Wilayah (TPW) Manokwari:

  • Paroki St. Agustinus Brawijaya;
  • Paroki St Thomas Aquinas Amban;
  • Paroki Sang Gembala Baik SP 8;
  • Paroki Imanuel Sanggeng;
  • Tiga Stasi yakni St. Bunda Maria Sowi, Stasi Mikael Arfai dan Stasi Salvator Maripi.
  • Semua peserta berjumlah 86 peserta.

Pemazmur

Dalam pengantarnya, Bapak Agustinus Riwi Nugroho menyampaikan perihal spiritualitas pelayanan diri Pemazmur yang adalah sebagai perpanjangan Firman Allah yang masih dan terus-menerus berbicara kepada umat-Nya.

Pemazmur juga sangat berperan dalam mengembangkan iman umat, karena iman timbul juga dari apa yang didengarnya (fides ex auditu Rm. 10:17).

Ilustrasi: Bacaan dan Mazmur oleh Suster yunior dan postulan.

Karena itulah, pendarasan mazmur merupakan bentuk pewartaan Sabda Allah yang memperdalam amanat pewartaan Yesus dan juga merupakan wujud doa-doa kita sebagai umat Allah.

Dalam Mazmur edisi baru ini ada perbaikan 161 Refren-Ulangan Mazmur Tanggapan dan 17 Bait Pengantar Injil yang tidak sesuai dengan Buku Bacaan Misa.

Proses belajar berama yang berlangsung serius namun santai ini juga memberi kesempatan bagi para pemazmur yang ingin mencoba bermazmur dengan mazmur baru ini.

Pemateri pembelajaran berasal dari para penggiat musik liturgi di Paroki Imanuel Manokwaeri: Bapak Redy Fatubun, Sdr. Pungkas dan Sdr. Agustinus Ohoiwirin serta disemangati iringan musik dari Organis Bapak Gregorius Prasetyo.

Sosialisasi dan pengenalan Mazmur Tanggapan ini pada awalnya akan menggarap seluruh refren Mazmur Tanggapan baru, namun karena waktu yang sangat terbatas maka pelatihan ini hanya bisa mencapai target  Adven, Natal, Paskah dan terutama Prapaskah – Masa Biasa Tahun liturgi B, sesuai tahun liturgi yang digunakan pada tahun 2021 ini.

Latihan bersam umat belajar membaca dan menyanyi Mazmur Tanggapan. (Riwi Nugroho)

Dari para peserta kegiatan ini muncul beberapa rekomendasi dan tips bermazmur bagi paroki-paroki yang belum atau akan memulai menggunakan mazmur tanggapan baru.

Rekomendasi tersebut adalah :

  1. Mengingat terbatasnya penjualan buku Mazmur Tanggapan, maka kepada paroki-paroki untuk membeli / mengadakan buku Mazmur Tanggapan baru yang bisa dibeli oleh para pemazmur secara pribadi
  2. Baik bila 10 menit sebelum misa dimulai, pemazmur mengajak umat untuk bersama latihan pendarasan mazmur yang akan digunakan pada misa tersebut.
  3. Kepada tim Komsos Paroki untuk dapat mengadakan lembaran tata ibadat-media komunikasi berupa teks untuk bisa memasukkan teks mazmurnya lengkap dengan notasinya .
  4. Hendaknya masa transisi-peralihan ke Mazmur Tanggapan edisi baru hingga Hari Raya Kristus Raja tanggal 21 Nopember 2021 dapat diadakan dengan pelatihan-pelatihan bagi para pemazmur pada tiap paroki/ stasi agar para pemazmur semakin percaya diri, menguasai dan menjiwai Mazmur yang akan dilantangkan dengan jelas dan mantap.
  5. Disadari dalam bermazmur perlu sinergi keterlibatan para organis dan dirigen, oleh sebab itu hendaknya pemazmur, dirigen serta organis senantiasa dapat kompak berlatih bersama. Diharapkan pelatihan seperti ini bisa berlanjut, dan secara khusus untuk Mazmur Tanggapan dan Bait Pengantar Injil untuk Tahun A dan Tahun C, sehingga dipastikan mazmur tanggapan ini akan terbiasa terdengar oleh umat setelah tiga tahun liturgi berjalan.
si Mazmur Tanggapan dan latihan bersama. (Riwi Nugroho)

Mari kita tetap responsorial bersama dan belajar secara seksama dan menggunakan Buku Mazmur Tanggapan dan Alleluya (edisi baru) dengan hormat dan khidmat dalam Perayaan Iman Keselamatan kita.

Selamat melayani bagi para penggiat liturgi, terutama bagi para pemazmur, organis, dirigen.

Tetap semangat untuk mengarahkan segala sesuatu kepada Allah, dan menghadirkan Allah dalam segalanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here