New Kids on The Block

0
223 views
Ilustrasi - Yesus dan orang-orang Farisi (Ist)

Bacaan 1: Yeh 37:21 – 28
Injil: Yoh 11:45 – 56

BAGI anak muda tahun 1980-an tentu tak asing dengan kelompok vokal baru bernama New Kid on The Block, sebuah boy band fenomenal.

Namun istilah tersebut juga sering dipakai untuk julukan “anak kemarin sore” alias anak baru.

Siapa pernah menyangka, Pak Jokowi pengusaha mebel dari Solo dalam waktu singkat melejit. Berkiprah di panggung pemeritahan mulai dari Walikota Solo, lalu menjadi Gubernur DKI Jakarta dan sebelum menuntaskan tugasnya langsung dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia.

Bahkan saat ini sudah memasuki periode kedua.

Dalam istilah keren, Pak Jokowi itu merupakan “New Kids on The Block”. Anak baru di kancah politik. Tentu saja fenomena ini membuat banyak pihak terkesima bahkan tidak sedikit yang iri hati kepadanya.

Tuhan Yesus berkarya dalam rencana keselamatan Allah tidak lebih dari tiga tahun. Dari seorang anak tukang kayu di kampung Nazareth tiba-tiba menjadi terkenal karena berbagai mukjizat yang dilakukan-Nya.

Terakhir Ia menghidupkan Lazarus, yang juga merupakan pra-lambang kebangkitan-Nya kelak.

Kemunculan Yesus bagi para pemimpin Yahudi mirip dengan fenomena “New Kids on The Block”. Orang baru yang membawa daya tarik dahsyat bagi umat Yahudi.

Hal ini membuat para pemimpin agama Yahudi iri hati lantaran banyak umat mereka beralih mengikuti Tuhan Yesus. Berpindahnya para umat mereka, tentu saja akan berdampak kepada berkurangnya pendapatan mereka.

Hal ini memicu keinginan mereka untuk menghabisi Tuhan Yesus.

“Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya…”

Secara kebetulan Kayafas, imam besar menantu imam besar Hanas melontarkan kata-kata yang memiliki bobot teologis.

“…lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa… dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.”

Hal itu telah dinubuatkan oleh Nabi Yehezkiel. Gambaran bersatunya kembali Kerajaan Israel dan Kerajaan Yehuda serta berkumpulnya kembali orang-orang buangan Israel yang dibawa bangsa Asyur.

Umat yang dipulihkan akan dipimpin oleh orang yang jatidirinya sama dengan raja gembala Daud.

Pesan hari ini

Fenomena “New Kids on The Block” sering menghasilkan dampak iri hati bagi orang yang merasa tersaingi.

Menjadi terkenal dan mencari kekuasaan di dunia bukanlah tujuan Tuhan Yesus. Dia tetap fokus dalam menjalankan misi keselamatan bagi seluruh umat manusia di dunia.

“Cinta itu seperti angin, tak bisa dilihat namun bisa dirasakan. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here