Perempuan Hebat di Flores untuk Karya Seni Berupa Kain Sarung Tenun

0
258 views
Kakak Greti bertekun untuk menghasilkan selembar kain sarung tenun secara manual di sebuah dusun di Flores. (Yanti Yusma)

BANYAK wilayah di Indonesia punya wujud karya seni luar biasa. Antara lain karya seni dan kreativitas membuat pola-pola gambar untuk selembar kain produksi tenun manual.

Benar ATBM

Benar-benar bukan alat tenun bukan mesin alias ATBM. Dikerjakan secara manual – dengan tangan tentu saja.

Plus ketekunan, kerja keras, dan daya tahan berlama-lama untuk duduk “merapikan” jalur-jalur benang agar kemudian bisa “diolah” menjadi selembar kain tenun ATBM.

Perempuan tua di sebuah dusun terpencil di Flores, NTT, setia bertekun dalam proses kreatif menciptakan kain sarung tenun secara manual. (Yanti Yusma)

Perempuan-perempuan hebat di Flores

Inilah yang disaksikan oleh pelancong Yanti Yusma dari Jakarta saat di bulan November 2021 silam pergi melihat keindahan Tanah Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Maka, sampailah ia di Dusun Ngalupolo -tidak jauh dari Ende- di Flores, NTT.

Dan Yanti Yusma dari Jakarta ini akhirnya bisa melihat sendiri bagaimana persisnya perempuan-perempuan lokal yang perkasa dan hebat dalam keseharian mereka berkegiatan memproduksi kain-kain sarung hasil kerjaan tenun ATMB.

Sungguh, banyak perempuan-perempuan hebat -yang hidupnya sangat jauh dari keramaian- sampai saat ini masih setia menekuni pekerjaan “profesional” mereka sehari-hari. Sebagai pengrajin kain tenun produksi rumahan.

Kepada para perempuan hebat inilah, kain-kain sarung hasil olahan tangan manusia alias ATBM akhirnya menjadi karya seni kreasi dengan nilai jual sangat tinggi.

Kredit foto & video: Yanti Yusma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here