Pelita Hati: 06.12.2022 – Jangan Sampai Ada Yang Hilang

0
673 views

Bacaan: Yesaya 40:1-11, Matius 18:12-14

Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang.

Sahabat pelita hati,

KEBAIKAN Tuhan digambarkan seperti seorang gembala yang mencari seekor dombanya yang tersesat hingga mendapat. Tuhan tak mau ada satu pun yang hilang. Inilah kebaikan Tuhan yang  tak terbantahkan. Walau terkadang kebaikan Tuhan itu tak dapat diterka dan sulit dimengerti oleh akal pikiran kita. Hal ini nampak nyata sebagaimana tersurat dalam pelita sabda hari ini. Jika orang kebanyakan lebih mementingkan efisiensi dan untung rugi, tidak demikian dengan Tuhan.  Ia rela meninggalkan sembilan puluh sembilan (99) ekor dombanya dan mencari hingga menemukannya kembali. Tak boleh seekor pun hilang. Inilah tanggungjawab seorang gembala yang ingin menjamin seluruh kawanannya aman dan terjaga.

Sahabat terkasih,

Di balik kisah ini sebetulnya kita belajar tentang  bagaimana harus tekun, rela berkorban dan memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan tugas dan  tanggungjawab. Semoga pelita sabda ini memacu kita untuk memperbaharui dan mempertegas komitmen kita terhadap tugas dan panggilan hidup kita masing-masing. Tekun,  setia, tak kenal lelah dan siap berkorban. Tak perlu berpikir yang muluk-muluk, mulailah dari tanggungjawab dalam keluarga maupun tugas rutin harian. Semoga kita sungguh tekun dan setia dalam melaksanakan tanggungjawab dan panggilan hidup kita masing-masing.

Jika Jakarta Daerah Khusus Ibu kota,
Jogjakarta, Daerah Istimewa.
Tuhan tak menuntut banyak dari kita,
kecuali tekun dan setia.
Sore di pinggir telaga,
telaga warna.yang indah dipandang.
Demikian juga Bapamu yang di sorga,
tidak menghendaki seorang pun dari anak-anak ini hilang.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here