Mukjizat di Bukit Doa Pulau Lembata, NTT: Terjadi Kebakaran, Bunda Maria Padamkan Kobaran Api (1)

0
219 views
Gabriel mohon Bunda Maria berkenan padamkan kobaran api di Bukit Doa di Wato Miten, Pulau Lembata, NTT. (Mathias Hariyadi/Titch TV)

BUNDA Maria akhirnya padamkan kobaran api di Bukit Doa Pulau Lembata, NTT. Kisah kecil ini terjadi tahun 2022 saat musim kemarau melanda kawasan dataran tinggi di wilayah Wato Miten, Lembata, NTT.

Pengalaman iman Gabriel, tukang kebun Bukit Doa

Sungguh tak mudah mengorek sebuah kisah kecil. Sekalipun, kisah sederhana itu punya magnitude gema resonansi degup iman yang sangat besar.

Apalagi kisah ini “hanya muncul” dari mulit Gabriel, seorang “tukang kebun” sangat sederhana yang sehari-hari menjadi “juru kunci” Bukit Doa di Wato Miten – sebuah kawasan dataran tinggi di Pulau Lembata, NTT.

Bukit Cinta dan Lamalera

Lokasi Bukit Doa ini hanya “selemparan batu” dari dataran tinggi Bukit Cinta – juga di Pulau Lembata yang telah dikenal oleh seluruh dunia. Karena perairan di Lamalera dan banyak tempat lainnya di Pulau Lembata ini sering menjadi lokasi migrasi ikan paus dan lumba-lumba.

Grogi dan penuh keraguan

Sudah barang tentu, Gabriel mengalami rasa grogi. Juga dilanda keraguan luar biasa. Lantaran sungguh tak biasa dan mungkin belum pernah menghadapi kamera. Apalagi llau diwawancari wartawan yang baru saja dia kenal.

Pertemuan Titch TV dengan Gabriel ini terjadi di Wato Miten, Lembata, usai berlangsung pemberkatan kapel Bukit Doa dan bangunan sederhana biara Kongregasi Suster Jesus Maria Joseph (SJMJ) oleh Bapak Uskup Keuskupan Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Selasa 28 Februari 2023.

Dalam keraguan besar namun peristiwa iman Gabriel itu akhirnya bisa “terkorek” berkat dan atas dorongan spiritual Superior Jenderal Kongregasi SJMJ: Sr. Theresia SJMJ.

Tentu saja, Gabriel masih saja malu-malu mengisahkan pengalaman imannya itu. Yakni, ketika permohonannya kepada Ina Maria (Bunda Maria) agar berkenan memadamkan kobaran api yang tengah melanda kawasan Bukit Doa akhirnya kesampaian.

Setelah dalam keputusasaan karena tak jangkauan selang air tak mampu padamkan kobaran api, Gabriel lalu hanya bisa sujud tersungkur di hadapan patung Ina Maria di puncak ketinggian Bukit Doa.

Ia tersungkur pasrah, seraya berdoa.

“Ina Mama, tolong kami bisa padamkan kobaran api ini. Dan terjadilah demikian: kebakaran itu lalu padam,” demikian pengakuan Gabriel kepada Titch TV dan sejumlah tamu dari Tangerang dan Jakarta di Bukit Doa, Selasa siang 28 Februari 2023.

Kisah ini mengemuka di tengah suasana teriknya panas sinar matahari di Pulau Lembata, NTT.

Kami semua praktis langsung terkesima mendengar kisah iman testimonial ini.

Kredit: Titch TV/Mathias Hariyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here