Pemberkatan dan Peresmian Kapel St.Yohanes Pembaptis Marjandi Tongah, Sumut

0
120 views
Pemberkatan dan peresmian Kapel St. Yohanes Pemandi. Tongah, Sumut. (OPMConv)

HARI Senin, 27 November 2023, Persaudaraan Ordo Saudara Dina Konventual (OFMConv) Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia merayakan pemberkatan dan peresmian kapel baru. Terjadi di Desa Marjandi Tongah.

Kapel baru ini termasuk wilayah reksa pastoral Paroki Santa Katarina Tiga Juhar. Mengadopsi nama pelindung Santo Yohanes Pembaptis.

Acara dimulai dengan pemberkatan dan peresmian kapel terlebih dahulu. Dalam prosesi pemberkatan, berlangsung juga penerimaan Sakramen Baptis bagi empat orang katekumen. Juga dilakukan penerimaan resmi anggota baru menjadi Katolik bagi seorang remaja putra dari Stasi Tanjung Raja.

Setelah selesai pemberkatan, acara dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Kornelius Tri Chandra Fajaryanto OFMConv.

Susana gembira usai prosesi pemberkatan dan peresmian Kapel Santo Yohanes Pembaptis Marjandi Tongah, Sumut. (OFMConv)

Ia bertindak sebagai selebran utama didampingi  para pastor Konventual sebagai konselebran dan dua orang Diakon. Para pastor dan frater yang hadir ini datang dari setiap komunitas di wilayah Medan. Acara ini juga dihadiri oleh umat dari stasi Tanjung Raja, Paroki Santa Katarina Tiga Juhar.

Dalam homilinya, Pastor Kornel menjelaskan mengenai makna pemberkatan; khususnya pemberkatan kapel baru tersebut. Ia mengatakan bahwa kapel terebut sudah diberkati. Artinya disucikan sehingga kapel tersebut dianggap sudah sakral. Ke depannya, semua perayaan sakral dan suci harus berlangsung di kapel tersebut.

Ia juga memberi motivasi kepada saudara-saudari yang menerima beberapa sakramen hari itu. Agar bisa menjadi anggota Gereja yang setia. Juga taat dalam melayani Gereja dan sesama. Selesai homili, dilanjutkan dengan penerimaan Sakramen Ekaristi (Komuni Pertama) bagi dua orang remaja dari Stasi Tanjung Raja.

Selesai Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan. Di antaranya dari Minister Provinsial dan Dewan Definitorium yang mewakili Persaudaraan Ordo Saudara Dina Konventual:

  • Pastor Gonzales Zonggar sebagai penanggungjawab Biara Santa Katarina Tiga Juhar.
  • Pastor Jani Barus sebagai penanggungjawab kapel baru.
  • Para donatur.
  • Kepala Camat STM Hulu dan Gunung Meriah.
  • Kapolsek Tiga Juhar.

Lalu, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Selesai makan siang, para pastor, tamu undangan dan semua yang hadir di situ bersantai bersama. Seluruh rangkaian acara hari itu ditutup sekitar pukul 17.00 WIB.

PS: Artikel dikerjalan oleh Sdr. Indra, Postulan OFMConv.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here