Pelita Hati: 21.02.2024 – Hanya Tanda Nabi Yunus

0
104 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani, berkah Dalem.

“Angkatan ini adalah angkatan  yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tands nabi Yunus,” begitulah sabda Yesus kepada orang-orang yang mengerumuni-Nya. Siapakah mereka? Injil tidak menyebut secara jelas, tetapi rupanya orang-orang yang selama ini menolak pengajaran dan karya-Nya, yakni para  pemuka agama termasuk para Farisi dan ahli Taurat. Mereka selalu mencari-cari kesalahan Yesus.

Sahabat terkasih,

Kini Yesus membandingkan kualitas beriman orang-orang Ninive dan “angkatan yang jahat” ini. Tuhan menilai bahwa orang-orang Ninive yang nota bene hanya menerima pewartaan pertobatan dari Yunus mereka langsung bertobat. Inilah cermin keterbukaan hati orang-orang Ninive yang menampakkan hidup berimannya. Padahal yang datang sekarang adalah Yesus, tentu jauh lebih besar dari Yunus. Namun orang-orang Yahudi justru mengabaikan-Nya alias tak percaya kepada Yesus dan masih meminta tanda. Inilah cermin keangkuhan orang-orang Yahudi yang oleh Tuhan disebut sebagai angkatan jahat. Wajarlah jika Tuhan mengatakan bahwa pada hari penghakiman nanti orang-orang Ninive yang akan menghukum mereka. Semoga pelita sabda hari ini memacu kita untuk mengendalikan diri agar dapat membangun hidup yang rendah hati dan terbuka terhadap karya kasih Tuhan. Dengan demikian kita tidak masuk dalam kelompok ‘angkatan jahat’. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Dari Balikpapan ke Samarinda,
jalan darat menikmati pemandangan hutan.
Angkatan ini tak akan diberi tanda,
selain tanda nabi Yunus, sabda Tuhan.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Yunus 3:1-10

Lukas 11:29-32

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: “Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here