Harta yang Paling Berharga

0
60 views
Sr. Dolores Hart, mantan aktris Hollywood.

Puncta 31 Juli 2024
PW. St. Ignatius Loyola, Imam
Matius 13: 44-46

KEBANYAKAN dari kita pengin hidup seperti para artis. Mereka bergelimang harta, ketenaran, kecantikan, disanjung dan dipuja oleh banyak pengagum di mana-mana.

Mereka seolah seperti manusia setengah dewa yang dipuja-puja dengan segala kekaguman. Semua orang ingin meniru mereka.

Namun kadang kita melihat akhir kehidupan mereka yang tragis. Lihat contoh seperti Michael Jackson, si Raja Pop Dunia, atau beberapa bintang film kita yang mengakhiri hidup dengan cara yang tragis.

Semua karena beban tuntutan yang sangat berat. Ada sisi gelap yang menakutan di balik gemerlap popularitas dan kemewahan yang dijalani setiap hari.

Namun ada juga dari mereka yang menemukan cara hidup baru yang lebih membahagiakan daripada gemerlapnya dunia artis.

Sebutlah nama Dolores Hart, aktris cantik yang dipuja oleh Elvis Presley. Ia berkali-kali main film bersama bintang Holywood yang sangat terkenal saat itu.

Namun akhirnya ia memilih menjadi biarawati Ordo Benediktin yang sangat ketat dan tertutup. Ia meninggalkan semua gemerlap dan glamornya kehidupan selebritis dan menemukan mutiara hidup yang paling berharga yaitu Kristus.

Suster Dolores sering ditanya wartawan, kenapa dia lebih memilih jadi biarawati daripada jadi artis terkenal pendamping Elvis?

Ia menjawab, “God is bigger than Elvis”. Kata-kata ini menjadi judul film dokumenter tentang otobiografinya.

Kalau orang sudah bisa menemukan harta yang paling berharga dalam hidupnya, ia dengan rela siap melepaskan segala-galanya demi harta yang paling penting dalam hidupnya itu.

Demikianlah apa yang dikatakan Yesus kepada murid-murid-Nya, “Hal Kerajaan Surga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

Demikian pula hal Kerajaan Surga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

Apakah anda sudah menemukan harta yang paling berharga dalam kehidupan ini? Apakah yang menjadi mutiara paling indah dalam kehidupan anda sekarang sehingga hal-hal lain tidak lagi lebih penting daripada hal berharga itu?

Jangan terlambat dan buang-buang waktu, carilah nilai yang terindah dalam hidup anda.

Wonogiri terkenal dengan baksonya,
Tersebar di seluruh pelosok Nusantara.
Tak ada yang paling indah selain cinta,
Tak ada yang paling berharga selain surga.

Wonogiri, harta yang paling berharga
Rm. A. Joko Purwanto, Pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here