Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Pelita Hati: 20.09.2024 – Para Perempuan Melayani Tuhan Dengan Kekayaannya

Pelita Hati: 20.09.2024 – Para Perempuan Melayani Tuhan Dengan Kekayaannya

0
26 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Dari keempat Injil, hanya Lukas yang menceritakan tentang peran para perempuan yang juga menjadi pelayan Tuhan.  Itu pun hanya dikisahkan dalam tiga (3) ayat, yakno Lukas 8:1-3. Memang mereka tidak selalu menyertai Yesus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, seperti keduabelas murid. Namun para perempuan ini memiliki peran dalam mendukung karya dan pelayanan Tuhan terutama melalui harta dan derma mereka.

Ada tiga nama perempuan yang secara jelas disebut. Mereka adalah Maria Magdalena, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Suzana dan banyak perempuan lainnya.  Dengan tegas dikatakan, mereka melayani Tuhan dan murid-murid-Nya dengan kekayaannya.

Sahabat terkasih,

Ada banyak cara bagi kita ikut berkarya dalam  pelayanan. Ada yang mempersembahkan tenaga dan waktunya. Ada  juga yang mempersembahkan melalui dukungan dana atau kelebihannya. Terpenting adalah niat tulus untuk berpartipasi dalam pelayanan  seturut kesanggupan dan kemampuan masing-masing. 

Para donatur memang tidak terjun langsung tetapi donasinya amat berguna dan mendukung karya  pelayanan. Yang satu menjalankan pelayanan dengan terjun langsung, yang lainnya mendukungnya melalui sumbangan dana. Bukan besarnya dana yang dipentingkan tetapi kerelaan dan niatan hati untuk membantu sesama itu yang diutamakan. 

Apakah yang telah kupersembahkan kepada Tuhan (Gereja/Paroki) selama ini?  Semoga kita tetap menyisihkan waktu, tenaga atau dana bagi karya pelayanan dan pewartaan Gereja. Terutama untuk mendukung karya pelayanan bagi yang berkekurangan dan menderita. Tetap semangat.dan berkah Dalem.

Pagi-pagi ke pelabuhan,
langit biru betapa indahnya.
Para perempuan itu menyertai pelayanan Tuhan,
dengan harta dan kelimpahannya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

1 Korintus 15:12-20

Lukas 8:1-3

Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here