RIP Sr. M. Anastasia Samosir FCJM (67), Pemakaman Sabtu 5 Oktober di Pematang Siantar

0
5 views
RIP Sr. Anastasia Samosir FCJM. (Ist)

KABAR duka dari Kongreasi Suster-suster Franciscanae Filiae Sanctissimae Cordis Iesu et Mariae atau FCJM. Telah meninggal dunia: Sr. M. Anastasia Samosir FCJM.

Semasa hidup, almarhum punya motto berbunyi: “Hidup adalah anugerah, bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan.” (Bdk. Filipi 4:4)

Masa kecil, latar belakang keluarga

Sr. M. Anastasia Samosir FCJM punya nama baptis: Rumsi Renata Samosir. Ia lahir tanggal 9 Oktober 1957 di Sangkarnihuta, Onan Runggu, di Pulau Samosir.

Ia adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. Lahir dari pasangan almarhum Bapak Agoni Samosir dan almarhumah Ny Riana Sitinjak. Mereka ini adalah sebuah keluarga religius dan penuh kasih.

Kehangatan keluarga dan nilai-nilai Kristiani kuat yang ditanamkan sejak kecil menjadi fondasi dalam perjalanan imannya yang mendalam dan tekun.

Panggilan hidup religius

Sejak usia muda, Rumsi Renata telah merasakan panggilan khusus dalam hidupnya untuk melayani Tuhan sebagai seorang biarawati. Dorongan spiritual ini membawanya untuk memulai perjalanan dalam hidup membiara pada usia 19 tahun.

Pada 21 Februari 1977, ia masuk Postulan dan memulai formasi dasar dalam hidup religius di Kongregasi FCJM.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 25 Juni 1979, ia masuk Novisiat – sebuah masa persiapan yang lebih mendalam dalam kehidupan religius.

Tanggal 15 Juni 1981, Sr. Anastasia mengikrarkan Kaul Perdana; menandai awal komitmennya yang serius untuk hidup sepenuhnya bagi Tuhan.

Enam tahun kemudian, tanggal 28 Juni 1987, ia mengucapkan Kaul Kekal – komitmen seumur hidup yang menunjukkan kesetiaannya kepada panggilan ini.

  • 30 Oktober 2004: Pesta Perak 25 tahun hidup membiara di Pematang Siantar.
  • 8 Desember 2019: Pesta 40 tahun hidup membiara di Pematang Siantar.

Hari Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 05.03 WIB, ia meninggal dunia di RS St. Elisabeth Medan pada usia 67 tahun.

Tanggal 3 Oktober 2024, pkl 11.20 WIB, jenazahnya telah tiba di Pematang Siantar dan disemayamkan di Aula RPM Provinsialat FCJM Pematangsiantar.

Acara pemakaman akan berlangsung Sabtu esok tangga 5 Oktober 2024 di Pekuburan FCJM, Sinaksak, Pematang Siantar.

Almarhumah Sr. M. Anastasia Samosir FCJM akan selalu dikenang sebagai seorang pribadi yang penuh cinta kasih, tangguh dalam menghadapi cobaan, dan setia dalam pengabdiannya kepada Tuhan dan sesama.

Dalam setiap pelayanan, baik sebagai guru, kepala sekolah, maupun dalam tugas-tugas pastoralnya, almarumah Sr. Anastasia FCJM senantiasa memberikan yang terbaik dengan hati penuh sukacita.

Selamat jalan saudari yang tercinta: Sr. M. Anastasia Samosir FCJM.

Doakan kami yang masih berziarah di dunia ini. Requiescat in pace et vivat ad vitam aeternam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here