Paroki Kleco Solo: Pet Blessing, Katekese Peduli dan Cinta Ciptaan Tuhan

0
2 views
Pet blesssing di Gereja St. Paulus Paroki Kleco Solo: Berkat untuk segenap binatang peliharaan. (Paroki Kleco Solo)

GEREJA Santo Paulus Paroki Kleco hari Minggu 6 Oktober 2024 besok akan menggelar “Pet Blessing“.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan cinta pada hewan dan binatang peliharaan yang dilakukan untuk merayakan Pesta Santo Fransiskus Assisi.

Salah satu teladan Santo Fransiskus Asisi adalah mencintai, peduli dan merawat ciptaan Tuhan dan lingkungan. Teladan ini menginspirasi Gereja atau paroki untuk memberi berkat dari imam untuk hewan piaraan dan binatang piaraan milik umat umat.

Berkat bagi hewan peliharaan dan binatang -biasa disebut pet blessing– dilakukan pada peringatan Santo Fransisus Assisi yang diperingati setiap tanggal 4 Oktober.

Meneruskan teladan Santo Fransiskus Asisi, Paus Fransiskus menerbitkan Ensiklik Laudato Si’ (2015) yang mengingatkan untuk mencintai ciptaan.

“Semoga Engkau dimuliakan,” dengan paragraf pertama, “Semoga Engkau dimuliakan, Tuhan kami, melalui Saudari kami, Ibu Pertiwi, yang memelihara dan mengatur kami, dan yang menghasilkan berbagai buah, dengan bunga dan herba berwarna-warni.”

Hal ini meneguhkan kutipan dari Markus 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here