Exorcisme Kuasa Gelap

0
14 views
Yesus mengusir setan
  • Bacaan 1: Gal 3:7-14
  • Injil: Luk 11:15-26

Baru-baru dirilis sebuah film tentang exorcisme Katolik yang berjudul “Kuasa Gelap”. Exorcisme Katolik merupakan praktik pengusiran setan atau makhluk halus atau roh jahat dari seseorang atau suatu tempat yang dipercaya sedang kerasukan.

Exorcisme dilakukan melalui kuasa Yesus yang Dia percayakan kepada Gereja-Nya. Pelaksanaannya oleh seorang pastur khusus, atas izin resmi dari Uskup setempat. Jadi tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Apakah setan atau roh jahat itu ada? Bagaimana Gereja Katolik memandangnya?

Setan memang ada dan tertulis dalam Kitab Suci kisahnya. Mereka adalah makhluk berupa roh yang memberontak terhadap Allah dan menjadi jahat.

Injil hari ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mampu mengatasi dan mengusir roh jahat yang merasuki seseorang sehingga membuatnya bisu. Ketika setan itu bisa diusir maka orang tersebut bisa berkata-kata lagi.

Namun orang banyak yang melihatnya, malah menuduh Tuhan Yesus mengusir setan dengan kuasa setan yaitu Beelzebul. Dan dijawab oleh-Nya:

“Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.”

Kita umat Katolik juga punya kuasa mengusir roh jahat atas kekuatan yang diberikan oleh Tuhan Yesus sebab kita semua adalah murid-Nya dan anak-anak Allah. Kita oleh pembaptisan (iman Kristus) telah dibenarkan, seperti yang diajarkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat Galatia:

“…Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman,

Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.”

Demikian katanya.

Hal ini dikatakannya untuk melawan paham sesat dari para pengajar iman Kristiani palsu yang berasal dari Yudea dan mengajarkan bahwa seseorang hanya bisa diselamatkan kalau melaksanakan Hukum Taurat seperti orang-orang Kristen Yahudi.

Pesan hari ini

Oleh baptisan (iman Kristus), kita dibenarkan dan menjadi anak-anak Allah yang juga diberikan kuasa untuk mengalahkan roh jahat.

Syaratnya adalah persekutuan dengan Kristus dalam doa, Ekaristi serta tekun membaca Kitab Suci.

“Ketika kamu memandang salib dan Hosti Suci, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu, sekarang dan selama-lamanya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here