Kuasa Gelap

0
7 views
Ilustrasi: Yesus mengusir roh jahat, by Martin Erspamer, OSB

Jumat, 11 Oktober 2024

Gal. 3:7-14.
Mzm. 111:1-2.3-4.5-6
Luk. 11:15-26

FILM Kuasa Gelap menjadi film terbaru Indonesia yang mengusung genre horor dengan latar agama Katolik.

Film ini digadang-gadang sebagai film horor Indonesia pertama yang mengangkat ritual eksorsisme atau pengusiran setan dalam agama Katolik.

Cerita itu menampilkan dua romo diperankan Jerome Kurnia dan Lukman Sardi yang terlibat misi pengusiran iblis akibat rangkaian kasus kerasukan di sebuah sekolah.

Film ini mencoba mengangkat kenyataan bahwa ada kuasa gelap yang siap membawa orang pergi menjauh dari kasih Allah. Kuasa Gelap ingin merusak harmonisasi hubungan manusia dengan Allah.

Dalam bacaan Injil hari ini kita dengar demikian, “Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu”

Setan atau iblis adalah bahaya yang jelas dan nyata bagi kita semua. Setan selalu ada di sekitar kita dan selalu mencari waktu yang tepat untuk memikat dan mendapatkan kita.

Akan tetapi percayalah, jika kita dekat dengan Yesus dan kita mempraktekkan dan menghayati ajaran Yesus maka kita tidak perlu khawatir karena setan tidak dapat melakukan apa pun terhadap kita.

Penting untuk menyadari bahwa setiap tindakan dan keputusan kita mencerminkan komitmen kita kepada Allah.

Dalam menjalani kehidupan ini, kita diundang bisa berdamai dengan masa lalu meski itu kelam supaya kita menjauh dari pengaruh kuasa gelap. Dengan demikian, kita dapat hidup dalam terang, dan mencerminkan karakter Kristus, serta menjalin hubungan yang lebih dalam dengan Allah.

Bagaimana dengan diriku?

Apakah aku menolak setan dengan segala pengaruhnya dalam kehidupanku ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here