Tanda-tanda Zaman

0
3 views
Ilustrasi - Tanda-tanda zaman by Spotify

Puncta 14 Oktober 2024
Senin Biasa XXVIII
Lukas 11:29-32

SETIAP angkatan atau generasi memiliki ciri khasnya masing-masing. Gererasi baby boomers ditandai dengan kehidupan kelompok yang kompak. Zaman itu belum ada HP, internet atau komputer.

Mereka selalu melakukan kegiatan bersama-sama. Belajar bersama, bermain bersama, pergi bersama-sama. Kebersamaan menjadi ciri angkatan ini.

Permainan bersama setiap malam bulan purnama seperti Gobak Sodor, Jethungan sering dilakukan. Mencuri tebu di sawah dan dikejar-kejar Pak Mandor CB jadi cerita seru. “Nduduti” batang tebu yang ditarik dengan lori menuju pabrik gula juga jadi kisah heroik.

Muda-mudi bersepeda ziarah bersama ke Sendang Sriningsih, Sendangsono jadi kegiatan rutin tiap bulan Mei dan Oktober.

Anak-anak zaman sekarang tidak lagi mengenal mesin ketik atau pesawat telpon. Mereka tidak pernah mengalami acara “Pilpen” (Pilihan Pendengar) di radio. Tidak ada acara nonton TV beramai-ramai di kelurahan.

Anak sekarang tinggal buka aplikasi di HP sendiri, semua sudah ada. Semua dilakukan sendiri, mandiri. Sekarang nilai kebersamaan berkurang, tetapi lebih pada acara individual egoistik.

Setiap angkatan mempunyai tandanya masing-masing. Orang Ninive diberi tanda oleh Tuhan dengan kehadiran Nabi Yunus. Dia mewartakan pertobatan kepada seluruh bangsa, dan Ninive mendengar dan taat pada peringatannya. Mulai dari binatang piaraan, rakyat jelata, bahkan rajanya bertobat.

Yesus hadir menjadi tanda bagi manusia zaman kini. Tanda Yesus adalah tanda salib. Dengan tanda salib, Yesus menyingkapkan tanda Allah yang mengasihi manusia tanpa batas.

Allah yang mengorbankan Anak-Nya yang Tunggal untuk keselamatan kita. Tetapi banyak orang menolak dan tidak mampu melihat tanda keselamatan ini.

Mereka yang tidak percaya akan diadili oleh angkatan sebelumnya. Pada waktu penghakiman zaman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya.

Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!”

Marilah kita yakin dan percaya akan Tanda Salib yang dibawa Yesus untuk mempertobatkan dan menyelamatkan manusia. Berbahagialah mereka yang percaya, karena mereka akan diselamatkan.

Membeli oleh-oleh di Pasar Prambanan,
Wadahnya Kong Ghuan rasanya rengginan.
Tanda Salib adalah tanda kemenangan,
Daripadanya kita memperoleh keselamatan.

Wonogiri, tanda salib tanda cinta
Rm. A. Joko Purwanto, Pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here