Hanya Oleh Kasih Karunia

0
8 views
Yesus Sang Juru Selamat
  • Bacaan 1: Ef 2:1-10
  • Injil: Luk 12: 13-21

Ada yang beranggapan bahwa dalam hidup ini cukup berbuat kebaikan kepada sesama maka pasti masuk surga. Artinya tidak perlu beribadah atau lebih ekstreemnya tidak perlu beragama atau tidak perlu Tuhan.

Di dalam ajaran katolik, tentu saja hal ini tidak benar.

Manusia “tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri”, dalam arti manusia tidak bisa memastikan atau menjamin bahwa ia pasti masuk surga karena telah berbuat baik. Sebab, “Keselamatan” atau masuk surga adalah karena anugerah Allah dan bukan karena usaha manusia. Hal ini disampaikan oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus:

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Ini menjelaskan dua hal mendasar:

  • Manusia telah berdosa oleh dosa asal dan terus melakukan dosa karena menjadi hamba dosa. Situasi yang menyebabkan manusia terusir dari kehidupan kekal alias mati kekal. Sebagai hamba dosa manusia tidak mampu melepaskan diri.
  • Allah perlu campur tangan dengan mengutus Putera-Nya, Tuhan Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia sehingga bisa diselamatkan.

Dengan demikian, manusia tidak bisa sombong dan memegahkan diri bahwa ia bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Ini seperti dicontohkan oleh Tuhan Yesus dalam perumpamaan orang kaya yang mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.

Orang kaya tersebut berpikir bahwa kekayaannya bisa dibawa mati dan menghidupi dalam kehidupan selanjutnya.

Hal ini diluruskan oleh Tuhan Yesus,

“Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?

Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.”

Harta duniawi tidak bisa dibawa mati dan digunakan dalam kehidupan selanjutnya. Sebaliknya “harta kekayaan iman” itulah yang akan menghidupi jiwa manusia dalam kehidupan kekal nantinya.

Pesan hari ini

Harta duniawi dan perbuatan baikmu tidak bisa menyelamatkanmu atau sebagai tiket masuk surga. Namun iman Kristianimu dan kasih karunia Allah-lah yang akan menyelamatkanmu.

“Saya adalah orang berdosa, namun oleh karena imanku kepada Tuhan Yesus maka semuanya telah diampuni dan aku diselamatkan-Nya.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here