Membangun Kredibilitas

0
8 views
Ilustrasi: Kredibilitas. (Ist)

Puncta 23 Oktober 2024
Rabu Biasa XXIX
Lukas 12:39-48

SUATU kali, Bapak saya memberi nasihat pada adik-adik, “Kalau kamu ikut kerja di tempat orang, kamu harus berbuat melebihi tuntutan orang itu. Misalnya, tuan rumah bangun jam lima pagi. Kamu harus bangun lebih pagi, jam empat atau setengah lima. Kalau dia minta menyelesaikan tugas satu hari, kerjakan kurang dari satu hari.

Kalau sudah selesai, dan masih ada waktu luang, mintalah tugas lain yang bisa dikerjakan. Pimpinan pasti akan senang dan akan memberi tanggungjawab yang lebih besar lagi kepadamu.”

Saat itu orangtua mendidik anak-anaknya dengan keras, karena dunia akan memperlakukan kita lebih keras lagi. Kalau kita lulus dari didikan orangtua, maka kita juga akan siap menghadapi kerasnya tuntutan dunia yang kejam.

Tuhan Yesus berkata: “Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya?

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.”

Santo Aloysius Gonzaga punya semboyan yang bagus: “Ad Maiora Natus Sum”. Artinya aku dilahirkan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar. Kita ini diberi talenta oleh Tuhan untuk bisa melakukan hal-hal yang lebih besar.

Sebagai hamba yang baik, kita diminta selalu siap siaga melakukan apa pun melebihi tugas dan tanggungjawab kita. Dengan demikian kita akan dipercaya oleh tuan kita dengan hal-hal yang lebih besar.

Tuhan Yesus bersabda, “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Marilah kita menjadi hamba yang tekun dan siap sedia melakukan tugas panggilan kita. Tuhan akan mempercayakan kepada kita hal-hal besar untuk kita kerjakan.

Pergi ke Turki makan nasi kebab,
Nasinya empuk dagingnya sungguh lezat.
Kalau kita setia dan bertanggungjawab,
Akan dipercaya kerjakan tugas yang hebat.

Wonogiri, jadilah orang yang bisa dipercaya
Rm. A. Joko Purwanto Pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here