SMA Xaverius 1 Palembang: Ekspo Perguruan Tinggi di Sekolah

1
1,291 views
6. Kelompok Paduan Suara SMA Xaverius 1 memperdengarkan beberapa lagu diantaranya Pancasila, Bangun Pemudi Pemuda, Pujaan, Pempek Lenjer, Cup Mailang, dan Nusantara. Kelompok Padus ini dipimpin oleh Ibu Helena Pende, sekaligus guru ekstrakurikuler Bahasa Jerman di SMA Xaverius 1 Palembang.

VANIA Callista Priscilla, 17, siswi kelas XII jurusan IPA mengatakan ini. “Sebagai siswa, saya dapat mengetahui mau melanjutkan studi atau perkuliahan kemana, dan juga saya dapat mengetahui jurusan yang saya minati dengan cara berkonsultasi dengan pihak yang bersangkutan di masing-masing stand”, tuturnya  tentang kesan atas kegiatan Expo Perguruan Tinggi, Jumat-Sabtu (27-28/10) di SMA Xaverius 1 Palembang.

Ketua pelaksana expo Albertus Sigit Triyantoko, S.Pd dalam laporannya mengatakan expo perguruan tinggi ke-13 tahun 2017 ini di SMA Xaverius 1 diikuti oleh 54 perguruan tinggi.  Ini terdiri dari 28 perguruan tinggi dari dalam negeri yakni dari Palembang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya, serta 26 perguruan tinggi dari berbagai negara,” ungkapnya.

  • Perguruan tinggi di Palembang yang ikut antara lain Universitas Katolik Musi Charitas, AMIK, STMIK, STIE MDP Palembang.
  • Perguruan tinggi dari Jakarta misalnya Universitas Bina Nusantara, President University, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Kwik Kian Gie School of Businees Jakarta, Universitas Tarumanagara, Surya University.
  • Perguruan tinggi dari Tangerang adalah Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan.
  • Dari Bandung adalah Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha.
  • Perguruan dari Yogyakarta antara lain Universitas Sanata Dharma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Kristen Duta Wacana.
  • Perguruan tinggi yang berasal dari Semarang antara lain Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
  • Perguruan tinggi dari Surabaya antara lain Universitas Kristen PETRA.
  • Beberapa perguruan tinggi yang berafiliasi dengan perguruan tinggi luar negeri antara lain Swiss German University, Monash University, Sunway University, Xiamen University.

Kegiatan expo perguruan tinggu ke-13 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta didik, terutama peserta didik kelas XII agar mereka dapat masuk perguruan tinggi melalui jalur tanpa tes atau jalur prestasi dan sekaligus mendapatkan informasi yang akurat agar peserta didik tidak salah dalam menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Romo Ketua Dewan Pengurus Yayasan Romo YAM Fridho Mulya SCJ, seremoni acara pelepasan balon dan Kepsek SMA Xaverius 1 Drs. Lucia Chia.

Informasi lengkap dan akurat

Dra Lucia Chia, Kepala SMA Xaverius 1, dalam sambutan pembukaan mengatakan pelaksanaan expo perguruan tinggi tahun 2017 ini berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Karenanya, dengan semangat Sumpah Pemuda para murid bisa lebih bersemangat, gembira untuk meraih cita-cita dan menggapai bekal di masa depan.

“Manfaatkanlah kegiatan expo perguruan tinggi ini untuk bertanya langsung kepada sumber informasi berkaitan dengan kampus masing-masing,” tegas Lucia yang memimpin 102 guru-karyawan dan 1.453 siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang.

Jangan salah pilih jurusan

Ketua Dewan Pengurus Yayasan Xaverius Palembang, Romo YAM Fridho Mulya SCJ, MM menegaskan bahwa kegiatan expo ini bukan sekadar rutinitas belaka, tetapi tetap berkualitas sehingga para peserta dapat mengenal, memutuskan dan memilih perguruan tinggi sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Kegiatan expo perguruan tinggi ini seharusnya dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Drs Widodo, M.Pd namun berhalangan hadir maka diwakilkan kepada Kepala Bidang SMA Sumatera Selatan Bonny Syafrian, S.E, MM. “Saya sangat senang hadir ke sekolah pada kesempatan yang istimewa ini,  karena bagi saya kedatangan saya ke SMA Xaverius 1 ibarat pulang ke rumah sendiri, karena saya adalah alumnus SMA Xaverius 1 tahun 1983,” kenang Bapak Bonny.

Kepada para siswa, Bonny berpesan jangan salah pilih jurusan. “Pintar-pintarlah kalian memilih jurusan dan perguruan tinggi demi masa depan kalian,” ujarnya.

Peserta ekstra Pramuka SMA Xaverius 1 memperlihatkan ketrampilan kepramukaan dalam tarian semapor.

Ia memberikan gambaran prospek pekerjaan di Propinsi Sumatera Selatan untuk 10-20 tahun ke depan, Sumsel membutuhkan psikolog dan yang berkarya di bidang pariwisata.

Daniel Arnop Hutapea, S.Pd terkesan atas kegiatan expo perguruan tinggi yang diselenggarakan di SMA Xaverius 1 Palembang ini.  Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Xaverius 1 ini berharap expo perguruan tinggi ini harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here