Puncta 29.09.18, Yohanes 1:47-51: Pesta Tri Malaikat Agung

0
1,897 views
Ilustrasi (Ist)

TUHAN Yesus berkata:” Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia”.

Dalam tradisi iman Katolik ada banyak malaikat penolong kita. Namun yang dipandang sebagai malaikat agung ada tiga yakni Mikhael, Gabriel dan Rafael.

Mikhael dalam bahasa Ibrani berarti “Siapa yang seperti Allah?” atau “Siapa yang menyamai Allah?”. Dia digambarkan sebagai panglima bala tentara surgawi. Dia membawa tombak untuk menyerang Lucifer (iblis).

Malaikat Agung Mikhael dihormati sebagai penjaga iman dan pejuang melawan bidaah. Gabriel berarti “Allah kekuatanku”. Ia pewarta misteri-misteri Allah terutama inkarnasi Allah. Ia datang kepada Maria mewartakan kabar sukacita Allah menjelma menjadi manusia dalam Yesus yang dikandungnya.

Rafael berarti “Allah yang menyembuhkan”. Kitab Tobit menggambarkan Rafael menyembuhkan Tobias dan mengantarkan mereka pada keselamatan. Malaikat diutus Allah untuk menolong manusia agar setia mengimani Allah penyelamat.

Kita bersyukur atas kasih Allah melalui para malaikatnya. Beli baju warna merah. Diikat rapi dengan tali rotan. Kita bersatu dengan malaikat Allah. Melawan godaan si raja setan. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here