Injil Minggu 18 Agustus 2024: Dapatkah Firdaus Pulih Kembali?

0
138 views
Gua Maria Lourdes di Sebati, Kalimantan Utara. (Romo Fictorium Natanel Ginting OFMConv)

HARI Raya St. Perawan Maria Diangkat ke Surga.

Empat hal mengenai Maria dinyatakan sebagai ajaran iman.

Dua ajaran iman yakni nomor 1-2 berasal dari tradisi zaman para Bapa Gereja. Sedangkan, ajaran nomor 3-4 berasal dari abad 19 dan 20, meskipun sudah dirayakan sejak berabad-abad sebelumnya,

  1. Maria tetap Perawan.
  2. Maria Theotokos – Maria mengandung dan melahirkan Tuhan Yesus.
  3. Maria dikandung tanpa noda dosa asal dinyatakan sebagai ajaran iman tahun 1854.
  4. Maria diangkat ke surga jiwa dan badan. Yang nomor 4 terakhir ini baru resmi dinyatakan sebagai bagian ajaran iman Gereja Katolik pada tahun 1950, walaupun sudah dirayakan di pelbagai tempat sejak abad ke-4.
Ilustrasi: Kisah penciptaan manusia Adam dan Hawa sebagaimana tergambarkan di dinding Gereja St. Gemma Galgani Keuskupan Ketapang, Kalbar. (Mathias Hariyadi)

Menemukan yang hilang
Merayakan peristiwa Maria diangkat ke surga dapat menjadi ungkapan kepercayaan akan masa depan kemanusiaan sendiri. Pada satu saat nanti,umat manusia akan kembali berada bersama dengan Tuhan di surga.

Masa depan seperti ini bisa pula terjadi, karena diyakini bahwa satu orang dari kemanusiaan, yakni Maria, sudah ada di sana dan kini ia melantarkan doa-doa permohonan. Dari yang biasa hingga yang amat khusus kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kita acap kali menyadari bahwa Tuhan lebih mendengarkan kita berkat Maria daripada kita mendengarkan-Nya. Maria tahu jalan-jalan menyampaikan doa kita kepada Yang Maha Kuasa.

Diceritakan dalam Kitab Kejadian, manusia dan isterinya diusir dari Firdaus. Karena melanggar larangan dengan memakan buah pengetahuan baik dan buruk. Pelanggaran ini membuat kemanusiaan jatuh merosot.

Sebelumnya mereka akrab dengan dunia ilahi, dapat bercakap-cakap dengan Tuhan. Manusia merasa aman di hadapan-Nya. Tapi begitu mereka sadar telah melanggar larangannya, mereka takut bertemu dengan-Nya dan menyembunyikan diri.

Rasa saling percaya rusak dan tidak lagi mereka dapat berdiam di Firdaus. Tuhan mengusir mereka dan bahkan menempatkan malaikat penjaga berpedang api agar mereka tak bisa mendekat ke pohon kehidupan.

Manusia kini harus berjerih payah mencari makan agar hidup terus. Isterinya harus menderita tiap kali mau menjadi ibu. Dan penggoda mereka, ular, dikutuk jalan melata. Tapi juga dikatakan seorang keturunan perempuan yang diperdayakannya itu nanti akan meremukkan kepalanya.

Ini semuanya ada dalam Kitab Kejadian 3, khususnya Kej 3:15.

Mari kita bayangkan kelanjutan yang tidak diceritakan dalam Alkitab, tapi bisa kita rasa-rasakan. Setelah manusia pergi dari Firdaus, Tuhan pun mengatupkan pelupuk mata menghela nafas. Dan semua penghuni surga pun tertunduk diam.

Seluruh Firdaus seperti berkabung. Suasana ini membuat Tuhan merasa kesepian. Suatu hari, Ia mengambil keputusan untuk turun ke dunia mencari manusia yang sudah dikeluarkan-Nya dari Firdaus. Maka Ia pun mengubah diri menjadi suara batin yang ada dalam diri manusia.

Dengan demikian, manusia diam-diam dituntun-Nya melangkah, mungkin dengan jatuh bangun, melewati lorong-lorong yang membawa mereka kembali ke Firdaus; lewat jalan lain yang tidak dijaga malaikat berpedang api.

Begitulah Ia berharap satu ketika nanti manusia akan bisa berada kembali di surga mengusir suasana murung untuk selama-lamanya.

Kreasi seni memberi gambaran visual peristiwa Bunda Maria Menerima Kabar Gembira menurut ‘pemahaman’ seniman Filipina di lorong Gereja Kabar Gembira di Nazareth – Israel. (Mathias Hariyadi)

Hari ini dirayakan kembalinya satu dari keturunan yang telah terusir dari Firdaus tadi. Bukan itu saja. Dirayakan pulihnya suasana gembira di surga.

  • Dirayakan kebesaran Tuhan yang dapat membawa kembali kemanusiaan ke sana.
  • Dirayakan pula kemampuan manusia untuk bekerja sama dengan Tuhan.
  • Dirayakan orang yang hidup tulus membiarkan diri dituntun suara batin.

Dan lebih dari itu. Kandungan suara batinnya itu menjadi darah daging juga – menjadi manusia. Manusia pertama yang bangkit dari kematian dan naik ke surga. Yesus dan dia yang kini mengisi surga dengan kegembiraan.

Dia itulah yang menuntun manusia kembali ke sana. Sebagai Guru. Sebagai Gembala yang baik. Sebagai Penyelamat. Tak mengherankan yang pernah membawanya masuk ke dunia ini dengan sendirinya ikut terbawa kembali ke surga. Dia itu Maria, ibu Yesus.

Kidung Magnificat
Bacaan Injil pada perayaan hari ini (Luk 1:39-56) memuat dua bagian, yakni kisah Maria mengunjungi Elisabet (ay. 39-45) dan Kidung Pujian “Magnificat” (ay. 46-55) yang berakhir dengan ay. 56 sebagai penutup kisah.

Bagian pertama mengisahkan dua orang perempuan yang mendapati diri beruntung. Elisabet yang termasuk kaum yang kena aib, karena tidak mengandung sampai usia senja kini akan melahirkan Yohanes Pembaptis. Dan dia yang masih ada dalam rahim itu melonjak kegirangan mendengar salam yang diucapkan Maria yang datang berkunjung.

Maria sendiri harus melewati hari-hari tak enak memikirkan bagaimana menjelaskan keadaan dirinya kepada Yusuf, tunangannya. Ia bertanya kepada malaikat yang datang kepadanya, bagaimana mungkin semuanya terjadi.

Jawab malaikat menunjuk pada peran Roh Kudus. Begitulah kisah yang disampaikan kepada kita oleh Lukas. Dan kelanjutannya kita ketahui. Maria membiarkan Roh Kudus bekerja dalam dirinya. Itu dia Tuhan yang mengubah diri menjadi suara hati manusia. Dan suara hatinya itu jugalah yang membuatnya berkata: “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu.”

Bunda Maria menerima Kabar Sukacita. (Ist)

Roh yang sama itu juga yang membuat Maria mengkidungkan pujian yang dibacakan hari ini. Kidung itu mulai pada ay. 46 dengan pujian bagi Tuhan yang turun untuk menyelamatkan. Dia membuat hidup ini berarti. Dia membuat penderitaan bermakna.

Kemudian dalam ay. 48 terungkap pengakuan bahwa Tuhan menyayangi orang-orang yang kecil sehingga mereka menjadi besar di mata orang. Tak perlu kita tafsirkan ini sebagai teologi pembalikan nasib orang miskin jadi kaya dan orang kaya jadi melarat.

Ayat itu mewartakan kebesaran Tuhan yang tidak takut berdekatan dengan orang kecil. Bukan karena tindakan ini romantik, ideal, melainkan karena orang kecil itu dapat memberinya naungan dan mengurangi kesepiannya. Orang sederhana biasanya ingat Tuhan dan itu cukup membuat-Nya menemukan kembali secercah kegembiraan yang telah hilang dari surga dulu.

Ini teologi sehari-hari.

Ayat-ayat selanjutnya, yakni 49-55, berupa pembacaan kembali sejarah terjadinya umat Israel. Ditekankan tindakan-tindakan hebat Tuhan yang membela orang-orang yang dikasihi-Nya di hadapan pihak-pihak yang mau menindas mereka.

Puji-pujian yang terungkap dalam Magnifikat ini senada dengan ungkapan kegembiraan dan kepercayaan akan perlindungan ilahi seperti terdapat dalam Kidung Hana dalam 1Sam 2:1-10.

Sering ada anggapan bahwa penderitaan, kemelaratan, ketidakberuntungan, aib, semuanya ini dikenakan sebagai hukuman bagi kesalahan. Juga dianggap bahwa hukuman bisa juga diturunkan kepada keturunan orang yang bersalah.

Terbayang dosa menurun, hukuman berkelanjutan.

Dalam Kidung Magnificat, pendapat seperti ini tidak diikuti. Malah ditegaskan bahwa Tuhan membela orang yang percaya kepadanya yang meminta pertolongan dari-Nya.

Magnificat anima mea Dominum, by Sister Mary Grace Thul

Bagaimana dengan orang yang hidupnya beruntung, menikmati kelebihan, tidak kurang suatu apa? Apakah mereka itu akan dikenai malapetaka?

Kiranya bukan itulah yang dimaksud. Orang-orang yang beruntung diimbau agar mengambil sikap seperti Tuhan sendiri, yakni memperhatikan mereka yang kurang beruntung. Sama sekali bertolak belakang, bila orang membiarkan kekayaan, kedudukan, kepintaran membuat sesama yang kurang beruntung menjadi terpojok atau kurang mendapat kesempatan untuk maju.

Inilah yang kiranya hendak disampaikan dalam ay. 52-53 yang mengatakan bahwa kaum congkak hati akan diceraiberaikan, orang berkedudukan akan direndahkan, orang kaya akan disuruh pergi dengan tangan hampa.

Kidung Magnificat mengajak orang-orang yang merasa beruntung diberkati oleh Tuhan dengan kelebihan bukan untuk menikmatinya. Melainkan untuk memungkinkan sesama ikut beruntung. Di sini tidak ditawarkan sebuah teologi penjungkirbalikan nasib, melainkan pelurusan hakikat kehidupan sendiri.

Kepercayaan akan kebesaran Tuhan tidak bisa diterapkan begitu saja untuk memerangi ketimpangan sosial yang mengakibatkan adanya ketidakadilan yang melembaga. Namun demikian, kepercayaan ini dapat membuat manusia makin peka dan mencari jalan memperbaiki kemanusiaan sendiri.

Keterbukaan kepada dimensi ilahi akan membuat orang makin lurus.

Memungkinkan firman Allah bertumbuh
Dalam Injil bagi Misa Senja sebelumnya (Luk 11:27-28) disebutkan ada seorang perempuan yang menyebut bahagia ibu yang melahirkan Yesus (Luk 11:27).

Yesus menanggapinya dengan kata-kata ini: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Kata Indonesia “memelihara” ini dengan tepat mengutarakan kembali ungkapan aslinya yang memuat pengertian menjaga, menelateni, membesarkan. Agak disentuh Teologi Sabda seperti diutarakan dalam pembukaan Injil Yohanes.

Yang menarik ialah adanya penekanan pada kegiatan pihak manusia. Dikatakan manusia memelihara sabda Allah. Berarti sabda itu juga bisa berkembang dalam diri manusia dan bahkan menjadi bagian kehidupannya.

Maria ialah salah satu yang menjalankannya. Seperti diutarakan dalam Luk 1:38 “Terjadilah padaku menurut perkataanmu itu”, sabda Allah yang dibawakan malaikat kepadanya menjadi kehidupan karena diterimanya dan dikandungnya.

Dan Maria melahirkannya tadi dalam ujud manusia. Kata-kata Yesus yang diteruskan dalam Luk 11:28 tadi memperjelas apa artinya berbahagia karena bisa melahirkan dan membesarkannya.

Maria berbahagia karena ia mendengarkan firman Allah serta memeliharanya.

Salam,
A. Gianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here