Kardinal Ouellet: Imam tak Dukung Paus Fransiskus Harus Bertanya, “Apa yang Saya Lakukan di Sini?”

0
308 views
Paus Fransiskus mendengarkan saat Kardinal Marc Ouellet berbicara selama pertemuan dengan para uskup yang baru diangkat dari seluruh dunia di Vatikan 13 September 2018. (CNS/Vatican Media)

KARDINAL Kanada Marc Ouellet pertama kali ditunjuk tahun 2010 untuk memimpin Kongregasi Para Uskup Vatikan. Inilah lembaga kepausan dengan tugas utamanya memberi pertimbangan dan nasihat kepada Paus. Utamanya tentang para kandidat yang dianggap memadai menjadi uskup di seluruh dunia.

Tentang tugasnya itu, mantan profesor dan teolog itu “lebih memperhatikan dimensi doktrinal” dari pekerjaan itu.

“Dengan Paus Fransiskus, kami telah mempelajari dimensi iringan,” kata Ouellet kepada NCR.

“Kami telah belajar bahwa tidak cukup untuk memberi tahu orang-orang apa yang harus mereka lakukan.”

Kongregasi untuk Uskup adalah salah satu kantor Vatikan yang paling kuat, dengan mandat yang menantang untuk menyeleksi kandidat yang tepat untuk memimpin keuskupan di seluruh dunia.

Bukan pekerjaan mudah

Ini sering kali merupakan proses yang sangat rahasia. Dan Kardinal Ouellet yang secara luas dianggap papabile — artinya kemungkinan besar akan menjadi pesaing paus berikutnya— baik dalam konklaf tahun 2005 dan 2013, mengakui bahwa itu bukan pekerjaan mudah.

Meski dia tidak akan memberikan jumlah pasti berapa banyak orang yang menolak permintaan untuk diangkat sebagai uskup, dia mengatakan perkiraan 30% yang kadang-kadang dikutip “tidak jauh.”

Kardinal Ouellet ditunjuk memimpin Kongregasi untuk Para Uskup oleh Paus Benediktus XVI dan kini masih tetap melakukan tugasnya di bawah Paus Fransiskus. Meski demikian, ia mengakui beberapa fokus dari apa yang diharapkan untuknya dan uskup gereja lainnya telah berubah.

Kardinal Marc Ouellet dengan Paus Benediktus XVI pada tahun 2011 (CNS/l’Osservatore Romano)

“Seorang imam harus berjalan bersama orang-orang (umat),” kata Ouellet.

“Kita harus selalu mengajari kebenaran. Tetapi pada saat yang sama, penuh perhatian, berbelas kasih dan berbelas kasih. Itulah yang telah saya pelajari dengan Paus Fransiskus, dan saya pikir itu merupakan nilai tambah.”

Tetapi kardinal berusia 77 tahun, yang kemungkinan besar menghadapi akhir jabatannya, setelah menjabat lebih dari dua periode lima tahun sebagai Kepala Departemen Kuria, tidak menyerah pada doktrin.

Simposium internasional tentang imamat

Bahkan, pada tanggal 17 Februari 2022, ia memimpin simposium internasional tiga hari tentang imamat yang berlangsung di Vatikan. Konferensi ini mempertemukan berbagai uskup, imam, formator agama dan ahli dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi dimensi teologis dari imamat. Termasuk selibat.

Selama wawancara 15 Februari dengan NCR di kantor kongregasi tak jauh dari Lapangan Santo Petrus, Kardinal Ouellet mengatakan dia berharap konferensi akan menemukan keseimbangan dalam membuat kasus pentingnya imamat, sementara juga menolak godaan klerikalisme.

Kardinal Ouellet mengatakan penangkal klerikalisme, yang telah berulang kali diperingatkan oleh Paus Fransiskus, dapat ditemukan dalam komunitas.

“Fokus simposium adalah partisipasi dalam satu imamat Kristus,” katanya, yang mencakup semua yang dibaptis.

“Kehadiran komunitas baptis adalah pesan untuk seluruh dunia. Dan itu bukan hanya pesan dalam hal pengetahuan, itu adalah pesan dalam hal persaudaraan untuk menyaksikan cinta dan menjadi komunitas yang menarik,” katanya.

Salah satu tantangan di era pasca-Reformasi, kata Ouellet, adalah “pandangan Gereja yang sangat klerikal,” yang berkembang sebagai cara untuk mempertahankan imamat dan struktur hierarki gereja.

“Kami akhirnya menjadi miskin di kedua sisi,” katanya, “karena mereka (denominasi Protestan) mempertahankan imamat baptis, sementara kami melupakannya.”

“Kami membela imamat pelayanan, yang merupakan elemen kunci dari gereja,” katanya, sambil mengakui itu telah membantu berkontribusi pada mentalitas klerikal.

Ia percaya Konsili Vatikan II dengan fokusnya pada semua umat Allah telah membantu “mendamaikan” perpecahan itu.

Namun, Kardinal Ouellet mengakui bahwa di mata sebagian besar dunia, imamat Katolik yang semuanya laki-laki dan selibat adalah usulan yang sulit. Tapi itu salah satu dia hadir.

Kardinal Marc Ouellet, Prefek Kongregasi untuk Uskup, berjalan melalui Lapangan Santo Petrus, setelah menghadiri sesi pembukaan pertemuan tentang perlindungan anak di bawah umur di dalam Gereja di Vatikan, 21 Februari 2019. (CNS/Paul Haring)

Buku karyanya

Bukunya yang terbit tahun 2019 berjudul Friends of the Bridegroom: For a Renewed Vision of Priestly Celibacy.

Buku ini mengeksplorasi kekurangan imam global dan tantangan skandal pelecehan klerus, juga membuat Gereja berpegang teguh pada disiplin selibat.

Setelah publikasi bukunya itu, Kardinal mengatakan sekelompok orang -sekitar selusin teolog pria dan wanita- dan mulai bertemu untuk merencanakan simposium pekan lalu tentang imamat. Disebutkan, gagasan itu langsung mendapat dukungan penuh dari Paus Fransiskus.

Kardinal Ouellet mengatakan kepada NCR bahwa imamat “lebih kontra-budaya seperti biasa” karena dua alasan:

Pertama, seluruh keberadaan imam di dunia ditentukan oleh imannya, sesuatu yang dikatakan Ouellet menghadirkan tantangan di dunia sekuler di mana iman semakin diprivatisasi.

Kedua, individu selibat dipandang oleh sebagian besar dunia sebagai “tidak sepenuhnya manusia”.

Meskipun akan selalu ada orang-orang yang “mencurigakan”, Kardinal itu mengatakan bahwa pilihan selibat adalah “sebuah cara untuk menegaskan siapa Yesus.”

Evangelisasi

Di zaman postmodern, ia mengakui bahwa itu adalah kasus yang sulit untuk dibuat. Tetapi ia juga mengatakan demikian.

Jika seorang imam benar-benar menghayati panggilannya, itu menjadi menarik bagi orang lain. Dan dia percaya, itulah inti dari evangelisasi.

Meski mungkin itu semua tentang evangelisasi, Kardinal Ouellet mengakui bahwa di antara tantangan terbesar imamat dalam beberapa tahun terakhir adalah luka yang ditimbulkan sendiri dari skandal pelecehan oleh para imam yang telah mengguncang Gereja di seluruh dunia.

Gereja, kata Kardinal Ouellet, harus “melakukan penebusan dosa” untuk mengakui kesalahannya dalam menghadapi pelecehan seksual dan menutupinya. Dan sebagian dari pengakuan itu berarti “membentuk kembali” cara pembentukan imam.

Dalam dekade-dekade dan bahkan abad-abad sebelumnya, katanya, para imam dibentuk ‘terisolasi’ sebagai “kelompok yang terpisah” dari orang lain. Sementara Kardinal percaya ini memiliki sisi positif dalam menciptakan rasa persaudaraan yang kuat, dia mengatakan bahwa perubahan harus dilakukan.

Imam, demikian keyakinan Kardinal, harus mengembangkan kapasitas relasional yang lebih besar, termasuk dengan perempuan dan keluarga, untuk memasuki “kepenuhan hidup pastoral.”

“Jika seseorang tidak memiliki kapasitas hubungan yang sehat,” katanya, “seseorang itu tidak memadai untuk pelayanan.”

Simposium tentang imamat

Waktu simposium imamat datang di tengah titik perubahan besar lainnya dalam Gereja Katolik global: proses sinode yang baru saja diubah yang diluncurkan Oktober lalu dalam upaya untuk menciptakan Gereja yang lebih partisipatif dan mendengarkan.

Sejak peluncurannya, penyelenggara kantor Sinode Para Uskup di Vatikan telah berusaha untuk memfasilitasi inklusi yang lebih besar dari anggota awam gereja.

Kardinal Marc Ouellet bertukar tanda perdamaian dengan sesama kardinal selama misa untuk pemilihan Paus Roma di Basilika Santo Petrus di Vatikan, tanggal 12 Maret 2013. (CNS/Paul Haring)

Pada bulan November, Kardinal Ouellet menghadiri Sidang Konferensi Amerika Latin dan Karibia, yang membantu memulai sinode global dan menyoroti peningkatan peran awam Katolik.

Kardinal Ouellet mengatakan, dia tidak melihat simposium imamat itu bertentangan dengan fokus sinode gereja.

Lanjutnya, saat ini peran imam adalah “untuk benar-benar mendengarkan.”

Kardinal memperingatkan terhadap ‘kelelahan’ yang mungkin diungkapkan beberapa imam saat berpartisipasi dalam proses tersebut.

Kardnal juga mencatat bahwa dia sendiri telah menyaksikan banyak antusiasme yang dia yakini dapat membantu memperbarui seluruh Gereja, termasuk imamat.

Kardinal ini dikenal dengan teologi yang lebih tradisional. Dan ketika ditanya tentang Jalan Sinode yang saat itu berlangsung di Jerman — di mana lebih dari dua pertiga dari semua delegasi memberikan suara untuk mendukung diakon perempuan dan menyuarakan keinginan untuk perubahan dalam pemahaman gereja tentang homoseksualitas — Kardinal mengatakan bahwa Paus Fransiskus menegaskan kembali bahwa sinode bukanlah proses parlementer.

“Ini akan menjadi operasi yang rumit, tidak menjadi semacam terdistorsi oleh ideologi,” katanya.

Kardinal mengatakan bahwa dalam mempertimbangkan jalur sinode Jerman, dewan pleno Australia dan inisiatif serupa lainnya, pada titik ini Gereja harus menunggu “sampai akhir proses sampai sejauh mana (proposal semacam itu) dapat diterima oleh Gereja Universal.”

Ada banyak hal yang tidak diketahui, katanya, tetapi menambahkan bahwa secara keseluruhan dia percaya proses sinode global adalah tanda harapan dan pembaruan.

Namun banyak kritikus sinode yang paling keras dapat ditemukan di Amerika Serikat dan di dunia berbahasa Inggris, sering dikaitkan dengan perlawanan terhadap Paus Fransiskus dan prioritasnya.

Pada bulan Desember, Kardinal Boston Sean O’Malley mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ini sangat akut di antara “imam konservatif muda” yang sering memiliki pandangan menyimpang tentang Paus Fransiskus karena pengaruh media sosial.

Sementara menyatakan bahwa dia tidak ingin membahas secara spesifik situasi dalam Gereja AS, Kardinal Ouellet mengatakan bahwa seorang imam harus selalu menjalankan imamatnya “dalam persekutuan dengan” dan “di bawah Petrus.”

“Mungkin mereka tidak senang karena dia tidak berada di pihak kanan politik mereka,” duga Kardinal Ouellet.

“Tetapi kriteria mereka adalah politik mereka. Yang harus kita cari dengan paus adalah semangat misionernya.”

“Saya akan mengundang para imam muda untuk melihat paus sebagai contoh,” lanjut Kardinal.

“Seorang imam harus bekerja dalam persekutuan dengan paus, jika tidak, dia harus bertanya pada dirinya sendiri, ‘Apa yang saya lakukan di sini’?”

PS: Diolah dari paparan artikel Christopher White dari National Catholic Reporter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here