Home BERITA Allah Mengkomunikasikan Diri kepada Manusia

Allah Mengkomunikasikan Diri kepada Manusia

0
Ilustrasi - Wahyu dalam perjalanan sejarah manusia. (Ist)

DALAM Kitab Kejadian, Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya (Kejadian 1: 27). Dia juga mengukir dalam hati manusia jejak Cinta-Nya, sehingga manusia dapat berdialog dan bersatu secara intim dengan Tuhan.

Tetapi manusia lambat laun kehilangan hubungan intimnya dengan Tuhan, karena mereka berdosa. Manusia berangsur-angsur menjauh dari Tuhan. Mereka tidak lagi dapat mengenal Tuhan sejelas sebelumnya.

Tetapi karena kebaikan dan kasih-Nya, Tuhan, dengan inisiatif sendiri, mengungkapkan dan mengkomunikasikan diri kepada manusia (Dei Verbum, 2). Sehingga manusia dapat mengenal Allah dan kembali kepada-Nya.

Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan apa itu wahyu? Proses di mana Tuhan mengungkapkan dan mengkomunikasikan dirinya kepada manusia dalam perjalanan waktu.

Apa itu Wahyu?

Secara harafiah, wahyu dalam bahasa Latin adalah revelatio, dari akar bahasa Yunani apocalypsis.

Apocalypsis memiliki awalan apo– artinya terbuka, terpisah dari; calypsism berarti menutupi (cover). Jadi, asecara harfiah berarti mengangkat tabir, membuka tabir, atau mengungkapkan apa yang telah disembunyikan.

Dalam pandangan Paus Paulus VI dalam Ecclesiam Suam, wahyu dipahami sebagai dialog antara Tuhan dan manusia. Wahyu berasal dari inisiatif Tuhan sendiri, disajikan sebagai dialog di mana Sabda Tuhan mengungkapkan dirinya melalui inkarnasi dan kemudian oleh Injil. (Ecclesiam Suam, 71-72].

Ilustrasi – Kisah Penciptaan (Answer of the Genesis)

Dalam, Gereja menulis demikian.

“Dalam kebaikan dan kebijaksanaan-Nya, Allah berkenan mewahyukan diri-Nya dan memaklumkan rahasia kehendak-Nya (lih. Ef1:9); berkat rahasia itu manusia dapat menghadap Bapa melalui Kristus Sabda yang menjadi daging, dalam Roh Kudus, dan ikut serta dalam kodrat ilahi (lih. Ef2:18 ; 2Ptr1:4).” (Dei Verbum, 2).

Dengan demikian, tujuan akhir wahyu adalah membawa manusia tinggal di dalam hubungan dengan Tuhan, dalam persekutuan cinta-Nya, melalui tanggapan iman manusia.

Dari penjelasan di atas, kita dapat pahami bahwa wahyu adalah komunikasi Allah tentang diri-Nya kepada manusia, agar manusia mengetahui rencana penyelamatan Allah. Melalui itu, manusia bisa hidup dalam persatuan dengan-Nya.

Tuhan mengungkapkan dan mengkomunikasikan

Diri dalam sejarah

Allah menyatakan rencana kasih Allah bagi umat manusia dengan mengkomunikasikan Diri-Nya kepada manusia. Dia mengkomunikasikan diri-Nya dalam sejarah keselamatan, yang dilakukan secara bertahap. Dia telah mempersiapkan banyak tahapan sehingga manusia dapat dengan mudah menerima wahyu adikodrati, yaitu diri-Nya sendiri.

Rencana ini dimulai dengan penciptaan dan digenapi di dalam Kristus, serta terus diterima dan dikembangkan oleh Gereja hingga saat ini.

Wahyu Tuhan dalam Penciptaan

Pada mulanya, Tuhan menciptakan alam semesta dan manusia dari ketiadaan. Dia menggunakan Firman untuk menciptakan segala sesuatu. Dia mengucapkan satu Firman, segala sesuatu dijadikan. Oleh karena itu, ketika manusia merenungkan makhluk-makhluk agung ini, mereka mengenali kehadiran Tuhan.

Ini adalah wahyu alami dari Tuhan.

“Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar; tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari.” (Mazmur 19: 2-5)

Saat menciptakan alam semesta, Tuhan menggunakan tangan-Nya sendiri untuk membentuk manusia. Dia juga menghembuskan nafas hidup ke dalam lubang hidung manusia untuk memberikan hidup (Kejadian 2:7).

Dalam hubungan intim dengan Tuhan, manusia dapat mendengarkan dan mengenal Dia dengan sempurna. Karena manusia diciptakan Allah menurut gambar-Nya (Kejadian 1:27).

Allah mengkomunikasikan kehendak-Nya kepada manusia. Manusia mendengarkan dan memahami kehendak-Nya (Kejadian 2:16-17).

Namun, manusia tidak lagi dapat mendengar suara Tuhan berkomunikasi dengan jelas lagi, karena manusia telah melakukan dosa ketidaktaatan kepada Tuhan. Mereka memakan buah terlarang (Kejadian 3:1-7).

Ilustrasi: Kisah penciptaan manusia Adam dan Hawa sebagaimana tergambarkan di dinding Gereja St. Gemma Galgani Keuskupan Ketapang, Kalbar. (Mathias Hariyadi)

Manusia mendengar Tuhan memanggil di Taman Eden, tetapi manusia tidak berani menjawab-Nya. Manusia takut menghadapi Tuhan. Manusia lambat laun kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi, yaitu tidak lagi dapat berhubungan secara intim dengan Tuhan seperti semula.

Dosa telah menghancurkan komunikasi yang terjalin antara manusia dan Tuhan. Manusia tidak lagi memahami apa yang Tuhan komunikasikan kepada mereka, karena mereka telah kehilangan kemampuan untuk berhubungan dengan Tuhan melalui mendengarkan suara Tuhan.

Setelah nenek moyang manusia jatuh ke dalam dosa, Tuhan tidak meninggalkan manusia. Sebaliknya, Tuhan telah mulai memiliki rencana baru untuk mereka.

Dia ingin memulihkan kemampuan berkomunikasi manusia dengan Tuhan, atau dengan kata lain memulihkan hubungan antara Tuhan dan manusia. Karena itu, Tuhan menyiapkan rencana bagi manusia melalui sejarah bangsa Israel.

Allah bertemu Abraham

Tuhan memilih Abraham sebagai mitra-Nya di dunia sehingga Tuhan bisa mengkomunikasikan Diri dan apa yang Dia inginkan dari Abraham. Tuhan berbicara terlebih dahulu. Dia menyampaikan kepada Abraham bahwa “Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.” (Kejadian 17: 1).

Dia menyarankan kepada Abraham untuk pergi ke tempat yang Dia akan menunjukkan kepadanya. Tuhan berjanji akan memberinya ahli waris, menjadikan keturunannya bangsa yang besar, dan menjadikannya sumber berkat bagi keturunannya. (Kejadian 12:1-3).

Melalui iman dan kesetiaan yang mutlak kepada Allah, Allah mengadakan perjanjian kekal dengan Abraham (Kejadian 17:1-14).

Ini menunjukkan bahwa Abraham hidup dalam kasih karunia dengan Allah. Antara Abraham dan Tuhan membentuk hubungan yang intim.

Tuhan berkomunikasi dengan Bangsa Israel

Setelah zaman Abraham, Allah menyampaikan diri-Nya kepada Israel melalui peristiwa eksodus dari Mesir dan Perjanjian Sinai. Dia mencintai dan memilih orang-orang ini untuk menjadi bangsa-Nya sendiri. Dia ikut campur dalam sejarah Bangsa Israel, ketika Dia membebaskan orang Israel dari kuk orang Mesir.

Melalui peristiwa itu, bangsa Israel mengakui kehadiran Tuhan. Sebelumnya, Tuhan juga menyampaikan diri-Nya kepada umat ini melalui nabi Musa sendiri.

Tuhan memberi nama-Nya: AKU ADALAH AKU” (Keluaran 3: 13-15), Akulah TUHAN (Keluaran 6: 2). Tuhan juga menandatangani perjanjian abadi dengan orang Israel, Perjanjian Sinai.

Melalui perjanjian ini, Dia mengungkapkan cinta dan pilihannya untuk Israel di antara semua bangsa. “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.” (Keluaran 19: 5)

Kristus, Wahyu penuh

Setelah berabad-abad kebangkitan dan kejatuhan bangsa Israel, Tuhan mempersiapkan seorang Juru Selamat bagi umat-Nya. Dia adalah pewahyuan penuh dari Trinitas.

Dia adalah Firman Allah, yang menjadi manusia dan tinggal di antara manusia (Yohanes 1:1-16).

Dia datang untuk menggenapi apa yang diungkapkan tentang Dia di dalam Perjanjian Lama. Dia menjadi mediator untuk memimpin orang menuju keselamatan dan mendamaikan manusia dengan Tuhan.

Melalui Dia, manusia dipersatukan secara intim dengan Allah. Yesus Kristus, Dia adalah seorang nabi besar yang datang dari Allah.

Perayaan ekaristi di Gereja Nativity di Betlehem Palestina bersama tiga imam yakni Pastor Danang Sigit Pr, Pastor WahyudI MSF dan Pastor Fadjarianto MSF. (Mathias Hariyadi)

Karena, “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.” (Ibrani 1: 1-2).

Melalui Yesus, manusia dapat lebih mengenal Tuhan. Yesus, Sabda yang Menjelma, mengungkapkan kehidupan ilahi dari komunikasi dan berbagi. (Franz-Josef Eiler, 2018:6]. Karena tidak ada makhluk di dunia ini yang dapat memahami Allah kecuali Putera Tunggal Allah, Yesus Kristus (Matius 11:27).

Dengan demikian, kita dapat menyadari bahwa Dia adalah penyataan Tuhan yang lengkap. Dia juga yang mampu mengomunikasikan segala sesuatu tentang Tuhan dengan cara yang paling sempurna.

“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” (Yohanes 14: 6-7).

Jadi, tidak seorang pun kecuali Kristus yang dapat mengkomunikasikan semua kehendak Allah secara lengkap dan sempurna.

Sepanjang hidup Yesus, Dia hanya mengkomunikasikan segala sesuatu yang berasal dari Bapa. Dia menggunakan kata-kata dan tindakan untuk menunjukkan kepada kita tentang Bapa.

Puncak Wahyu dalam diri Yesus ditunjukkan dalam peristiwa Sengsara dan Kebangkitan-Nya. Dia sepenuhnya menerima untuk mengorbankan diri-Nya di kayu salib untuk menebus umat manusia.

Dia menggunakan kematian dan kebangkitan-Nya untuk mendemonstrasikan kehadiran Tuhan, yang selalu mengungkapkan dan mengkomunikasikan diri-Nya kepada umat manusia. Agar semua dapat melihat, mengenal dan percaya kepada-Nya.

Tuhan menampakkan Diri di zaman modern 4.0

Ketika waktu-Nya telah tiba, Yesus harus meninggalkan dunia dan pergi kepada Bapa, tetapi Dia meminta Bapa untuk mengirimkan Roh Kudus kepada manusia (Yohanes 14:16) agar Roh Kudus dapat memimpin manusia kepada Trinitas.

Melalui Roh Kudus, orang-orang di setiap generasi dapat mengenal Tuhan. Karena Roh Kudus hadir dan menyertai Gereja. Dia mendorong Gereja untuk melestarikan dan mengkomunikasikan wahyu Allah.

Selain itu, sebelum dan sesudah Yesus tidak ada wahyu lain yang lebih besar daripada wahyu datang dari Yesus Kristus. Oleh karena itu, sebelum kembali ke Bapa, Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk memberitakan dan mengkomunikasikan keselamatan Allah kepada segala bangsa.

Para murid pergi dan melakukan sesuai dengan perintah-Nya. Oleh karena itu, umat manusia dapat mengenal Tuhan melalui apa yang murid-murid Tuhan tinggalkan dalam Kitab Suci dan Tradisi.

Dalam sumber wahyu inilah Tuhan dikomunikasikan kepada semua manusia. Apalagi, evangelisasi Gereja semakin dipromosikan melalui media. Tuhan telah memberikan sepetak tanah baru kepada Gereja (Sefrianus Juhani, 2019: 251-253].

Area misionaris ini adalah ruang internet. Melalui teknologi internet, penyimpanan, kelestarian, dan komunikasi wahyu Tuhan dapat menjangkau semua bangsa dengan lebih cepat. Itu juga membuka lingkungan keterbukaan, pencerahan iman dan pembinaan keimanan bagi umat (Fides ex online) (Sefrianus Juhani, 2019: 260-261].

Di sana, umat manusia bisa mendengarkan dan berdialog dengan Tuhan melalui Kitab Suci dan Tradisi Gereja di bawah bimbingan Gereja. Melaluinya, manusia mengenal Tuhan dan berhubungan erat dengan-Nya.

Melihat garis sejarah keselamatan, kita mengenal kasih Allah melalui perjalanan arus sejarah di mana Dia menampakkan diri kepada semua bangsa.

Melalui penciptaan, melalui manusia yang jatuh, melalui perjanjian Tuhan dengan manusia, melalui Penjelmaan Sabda – Kesengsaraan dan Kebangkitan, melalui Gereja saat ini, dalam semua peristiwa ini, Tuhan selalu hadir dan mengungkapkan diri-Nya kepada umat manusia.

Ilustrasi.

Tidak sesaat pun, Dia tidak memikirkan manusia. Dia selalu cepat untuk mengkomunikasikan diri-Nya kepada manusia, sehingga manusia dapat mendengar – mengetahui – percaya pada apa yang telah Dia ungkapkan kepada mereka.

Dari situ, mereka bisa kembali kepada kasih Allah.

Daftar Pustaka

  • Franz-Josef Eiler. Communicating in Ministry and Mission: An Introduction to Pastoral and Evangelizing Communication. Edisi ke-4. Manila: Logos, 2018 .D
  • Sefrianus Juhani. “Mengembangkan Teologi Siber di Indonesia.” Jurnal Ledalero 18, no. 2 (2019): 246-266.
  • Dokumen Konsili Vatikan II, terj. R. Hardawiryana SJ (Jakarta: Obor, 2019).
  • Paul VI. Ecclesiam Suam, terj. Thomas Eddy Susanto SCJ, https://www.keuskupansurabaya.org/media/document/DG_ECCLESIAM_SUAM.pdf

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version