Home BERITA Lectio Divina 28.1.2025 – Saudara dan Saudari Yesus, Siapa?

Lectio Divina 28.1.2025 – Saudara dan Saudari Yesus, Siapa?

0
Saudara, saudari dan ibu-Nya, by Jen Norton

Selasa. Minggu Biasa III, Peringatan Wajib Santo Tomas Aquino (P)

  • Ibr. 10:1-10
  • Mzm. 40:2.4ab.7-8a.10.11
  • Mrk. 3:31-35

Lectio

31 Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. 32 Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya, “Lihatlah, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan mencari Engkau.”

33 Jawab Yesus kepada mereka, “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?” 34 Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata, “Inilah ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku.  

35 Siapa saja yang melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku.” 

Meditatio-Exegese

Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus

Sanak saudara Yesus datang dari Nazaret ke Kapernaum. Sekarang mereka ada di luar rumah, tempat Yesus tinggal. Di antara mereka, ikut serta juga Ibu Maria, Ibu Yesus.

Mereka harus menempuh perjalanan darat sepanjang 70 kilometer dari Nazaret untuk menemui Yesus. Tetapi mereka hanya sampai di luar rumah. Mereka tidak dapat menemui Yesus.

Maka mereka meminta seseorang di luar rumah untuk menyampaikan pesan, “Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau.” (Mrk. 3:32).

Dua kali Santo Markus menggunakan kata εξω, exo, di luar. Perulangan kata ini menunjukkan bahwa seolah-olah Yesus mengabaikan atau tidak mempedulikan keluarga alamiNya; sedangkan Dia lebih memusatkan diri bertemu dan mengajar banyak orang yang mengelilingi Dia (Mrk. 3:33).

Mendengar pesan dari utusan keluarga-Nya, Yesus justru tidak menyambut mereka. Ia justru memandang sekeliling orang-orang di dekat-Nya dan bertanya dengan suara nyaring (Mrk 3:33), “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?”, Quae est mater mea et fratres mei?

Pertanyaan ini menggelegar, menggema di telinga sanak saudara dan ibu-Nya. Pertanyaan Yesus menambah kejengkelan mereka dan membuat sang ibu sedih, sebab seolah tidak diperhatikan sama sekali. Maka, Yesus  mereka anggap sebagai orang yang kehilangan akal (Mrk. 3:21).

Injil Markus tidak menggambarkan Ibu Maria sebagai pribadi beriman seperti digambarkan dalam Lukas. Seperti murid-Nya yang lain, ia harus mencari tahu dalam lubuk hatinya: Siapa Yesus?

Ibu Maria, yang tanpa sepatah kata pun keluar dari mulutnya, harus berjuang untuk mampu menjawab dan bersaksi seperti prajurit yang mencucukkan tombak di lambung-Nya (Mrk. 15:39), “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah.”, Vere homo hic Filius Dei erat.

Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku

Saat berkuasa, Herodes Agung (37-4 SM) dan Herodes Antipas, anaknya (4 SM-39 M), benar-benar memporak-porandakan nilai-nilai keluarga. Keluarga menjadi terpecah dan masing-masing anggota hanya memenitingkan diri sendiri.

Sistem pajak yang diberlakukan membuat tiap rumah tangga atau orang dewasa bekerja hanya demi membayar pajak. Hampir-hampir tidak ada kesempatan untuk membantu yang lemah. Terlebih, tiap individu harus berjuang melawan pemaksaan budaya dan ideologi Helenistik

Tiap keluarga juga dipaksa untuk menyokong dan menampung prajurit Romawi. Dengan kata lain, mereka harus memberi tumpangan dan makan orang-orang asing yang diperalat untuk menjajah mereka.

Faktor eksternal yang demikian berat sangat menyulitkan tiap keluarga untuk bertahan hidup. Di samping itu, tiap orang Yahudi dewasa, termasuk yang miskin, harus membayar kewajiban persembahan untuk Bait Allah.

Pajak berganda menyebabkan tiap pribadi berisiko makin telantar. Perintah ini menghancurkan sendi hidup keluarga yang ditopang oleh perintan Allah yang keempat, “Hormatilah ayahmu dan ibumu.” (bdk. Kel. 20:12; 21:17; Im. 20:9; Ul. 5:16; Mrk. 7:8-13).

Di samping menghormati orang tua, keluarga Yahudi harus memperhatikan Hukum Kemurnian. Mereka harus membangun keluarga dengan sesama orang yang dianggap bersih dan menghindari mereka yang disingkirkan karena hukum Taurat dan adat-istiadat nenek moyang.

Mereka dilarang menikah dengan, misalnya: perempuan asing, orang asing, penderita kusta, orang Samaria, pemungut cukai, orang sakit, orang cacat, orang timpang, dan orang yang kerasukan. Konsekuensinya, yang dianggap keluarga adalah mereka yang berasal dari satu keturunan saja – klen, marga, suku.

Tentu kondisi ini tidak memungkinkan terjadinya tata pergaulan dengan seluruh manusia lintas batas, tanpa pilih bulu. Dan Yesus, yang sedang mewartakan Kerajaan Allah, sedang membangun keluarga baru. 

Dalam keluarga baru, tiap anggota menjadikan diri-Nya sebagai pusat hidup. Masing-masing hidup sehati dan sejiwa, cor unum et anima una (Kis. 4:32), saling jumpa satu sama lain dengan mengatasi sekat-sekat yang diciptakan manusia.               

Barangsiapa melakukan kehendak Allah

Yang tinggal dalam keluarga baru ini adalah mereka yang mendengar suara panggilan Sang Gembala (Yoh 10:3-4). Gema panggilan itu membuat masing-masing melakukan kehendak Allah, seperti yang dilakukan Yesus.

Maka, untuk membentuk persaudaraan baru, sanak-saudara Yesus, Ia bersabda (Mrk. 3:35), “Siapa saja yang melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku.”, Qui enim fecerit voluntatem Dei, hic frater meus et soror mea et mater est.

Di balik sabda-Nya yang keras itu, Ia memuji iman ibu-Nya. Ibu-Nya telah melaksanakan sabda-Nya   (Luk. 1:38) dan berpuncak pada peristiwa ketika ia menemani Anaknya di bawah salib dan memakamkan-Nya (Yoh. 19:25.40).

Pada saat Injil ini ditulis, keluarga baru ini sangat berperan dalam menopang hidup dan kematian mereka yang dianiaya atas nama Yesus dan ditinggalkan oleh sanak keluarga manusiawi mereka.

Katekese

Maria melaksanakan kehendak Bapa. Santo Augustinus dari Hippo, 430-543: 

“Maria melaksanakan kehendak Bapa. Karena kesediaan-Nya melaksanakan kehendak Bapa, Tuhan dimuliakan, tidak hanya karena rahimnya melahirkan Yesus sebagai manusia…

Ketika Yesus bersabda, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya” (Luk 11:28), Ia sebenarnya menyingkapkan, “Ibu-Ku yang kamu sebut berbahagia diberkati karena ia melaksanakan Sabda Allah, bukan karena Sang Sabda menjadi manusia melalui dia dan tinggal di antara kita (Yoh. 1:14).” (Tractate On John 10.3.2)

Oratio-Missio

Tuhan, Engkaulah sumber persahabatan dan kasih sejati. Semoga kasihmu selalu menuntunku untuk memilih yang baik dan menolak apa yang berlawanan dengan kehendak-Mu. Amin.     

  • Apa yang perlu kulakukan untuk mengatasi dan menjadikan Yesus pusat hidup dalam keluargaku atau komunitasku?

Qui enim fecerit voluntatem Dei, hic frater meus et soror mea et mater est – Marcum 3:35

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version